Nugroho, Mayang (2024) EFISIENSI PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA SELOPAMIORO KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
SKRIPSI FULL TEXT_21871 .pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (1MB)
COVER SAMPAI ABSTRAK_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (402kB)
HALAMAN PENGESAHAN_21871.pdf
Download (202kB)
BAB 1_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (255kB)
BAB 2_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (290kB)
BAB 3_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (243kB)
BAB 4_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (295kB)
BAB 5_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (256kB)
BAB 6_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (105kB)
DAFTAR PUSTAKA SAMPAI LAMPIRAN_21871.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2026.
Download (800kB)
HASIL TURNITIN_21871.pdf
Download (2MB)
FORM TELAAH DAN PUBLIKASI_21871.pdf
Download (336kB)
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT_21871.pdf
Download (287kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Rantai pemasaran bawang merah yang panjang dan selisih harga ditingkat pelaku pemasaran menyebabkan para petani mendapatkan harga yang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran usahatani bawang. Sampel petani dan pedagang diambil dengan menggunakan metode snowball sampling maka teridentifikasi sebanyak 25 petani, 3 pedagang pengepul, 3 pedagang besar dan 3 Pedagang kecil. Pola pemasaran disajikan secara deskriptif sedangkan margin dan efisien pemasaran dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Selopamioro menggunakan 2 saluran untuk memasarkan hasil panen bawang merah yaitu, Saluran I: Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Besar - Pedagang Kecil - Konsumen dan Saluran II : Petani - Pedagang Pengepul - Pedagang Besar - Konsumen. Efisiensi pemasaran di Desa Selopamioro sudah efisien, yang paling efisien adalah saluran pemasaran ll sebesar 2,84% untuk nilai efisiensi saluran pemasaran I sebesar 2,92%. Margin pemasaran di saluran I sebesar 21.500 Rp/Kg dan untuk saluran II sebesar 16.500 Rp/Kg. Nilai Farmer's sharenya sudah efisien dengan nilai saluran I sebesar 48,81 % dan saluran ll sebesar 55,41%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 21871, Jurnal Publish di Agrifitia |
Uncontrolled Keywords: | Bawang Merah, Efisiensi, Margin, Saluran Pemasaran, |
Subjects: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Divisions: | INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Ms. Mayang Ambarwati Nugroho |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/125 |