Kurniawan, Rifqy Dede (2024) KAJIAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN UMKM KERIPIK SINGKONG DI DESA BANJAREJO KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
SKRIPSI FULLTEXT_21318.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
COVER SAMPAI INTISARI_21318.pdf
Download (461kB)
LEMBAR PENGESAHAN_21318.pdf
Download (290kB)
Bab I_21318.pdf
Download (123kB)
Bab II_21318.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
Bab III_21318.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
Bab IV_21318.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
Formulir Telaah dan Persetujuan Publikasi Artikel_21318.pdf
Download (338kB)
Hasil Cek Turnitin_21318.pdf
Download (2MB)
Daftar Pustaka-Lampiran_21318.pdf
Download (403kB)
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT_21318.pdf
Download (315kB)
BAB 5_21318_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (118kB)
BAB 6_21318_2.pdf
Download (40kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui profil UMKM Keripik singkong di Desa Banjarejo, Kabupaten Gungung Kidul. dan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran 4P (product,price,Place,Promotion) pada UMKM keripik singkong. Metode dasar pada penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi menggunakan dilakukan secara sengaja (purposive) yang dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penentuan sampel menggunakan metode sensus, dengan responden sebanyak 8 UMKM. Hasil menunjukkan bahwa Profil usaha keripik singkong di Desa Banjarejo Kecamatan Tanjung Sari
Profil UMKM Keripik singkong di Desa Banjarejo, Kabupaten Gungung Kidul merupakan usaha rumah tangga dengan jumlah tenga kerja rata rata sebanyak 2 orang, frekuensi produksi rata rata produksi 2 hari sekali, rata rata bahan baku sebanyak 25-50 kg/ produksi, dengan produksi 6-12 Kg/sekali produksi. Strategi Bauran pemasaran yang diterapkan pemilik UMKM yaitu strategi dengan memadukan unsur produk, harga, promosi dan tempat. Startegi produk dilakukan dengan menjaga kualitas produk dengan cara memilih bahan baku berkualitas, varian rasa dan kemasan. Strategi harga diperhitungkan atas harga bahan baku, varian rasa dan kemasan. Strategi promosi melalui offline dan online. Promosi offline mulut ke mulut yang dilakukan tanpa sadar oleh para pelanggan. Penjualan online menggunakan media sosial Whatsapp. Strategi tempat dengan memilih tempat yang strategi sehingga memudahkan distribusi secara langsung dan tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 21318, dipublikasikan pada jurnal mahasiswa INSTIPER (JOM) |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran,Keripik Singkong,UMKM |
Subjects: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Divisions: | INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Rifqy Dede Kurniawan |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:08 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/391 |