Lestari, Nova Rahayu (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BUAH LOKASL JAMBU KRISTAL (PSIDIUM GUAJAVA) DI DESA WONOROTO KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, Institut Pertanian Stiper yogyakarta.
SURAT TIDAK PLAGIAT_21475.pdf
Download (638kB)
Lembar Pengesahan_21475.pdf
Download (507kB)
BAB I_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (170kB)
BAB II_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (255kB)
BAB III_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (221kB)
BAB IV_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (257kB)
BAB V Kesimpulan_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (375kB)
Form Telaah Publikasi Artikel_21475.pdf
Download (80kB)
Turnitin_21475.pdf
Download (2MB)
Daftar Pustaka-lampiran_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (835kB)
SKRIPSI FULLTEXT_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (1MB)
Cover_Abstrak_21475.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2026.
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukkan strategi yang baru yang dapat digunakan oleh petani jambu kristal di Desa Wonoroto berdasarkan analisis SWOT. Metode dasar yang digunakan dalam penelitan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang mendis`kripsikan suatu obyek atau fenomena yang dituliskan dalam bentuk tulisan naratif. Teknik penentuan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu petani jambu kristal yang berjumlah 30 orang dengan rata-rata pengalaman bertani 1-10 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diketahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh petani dalam memasarkan produknya yaitu 1) pemasaran dilakukan di pinggir jalan Daendles; 2) pemasaran keluar daerah; 3) pemasaran hanya menggunakan plastik pelindung tanpa menggunakan kemasan tambahan. Faktor internal yang mempengaruhi pemasaran jambu kristal yaitu penataan produk di lapak, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran jambu kristal yaitu jumlah distributor jambu kristal yang terbatas; pendapatan yang tidak sesuai dengan besaran usaha yang dilakukan dan banyaknya petani pesaing yang membudidayan dan memasarkan jambu kristal. Sementara strategi yang tepat dan dapat digunakan oleh petani yaitu: 1) Menentukan harga sesuai dengan kualitas produk; 2) Melakukan penjualan sampai malam; 3) Melakukan perawatan kebun dengan baik sehingga dalam cuaca apapun kualitas produk tetap terjaga dan 4) Lebih banyak melakukan kerjasama dengan pihak distributor luar daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 21475; PUBLISH DI JURNAL ILMU-ILMU PERTANIAN |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Jambu Kristal, Petani, Strategi Pemasaran. |
Subjects: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Divisions: | INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Nova Rahayu Lestari |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 03:45 |
URI: | http://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/869 |