ZARKARSY, MUHAMMAD NUR (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN COFFEESHOP MALABAR MOUNTAIN COFFEE. Skripsi thesis, Instiper Pertanian Stiper Yogyakarta.

[thumbnail of FULLTEXT] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of COVER-ABSTRAK] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER SAMPAI INTISARI_21715.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN_21715.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1_21715.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB 6_21715.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_21715.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of HASIL CEK TURNITIN] Text (HASIL CEK TURNITIN)
Turnitin_21715.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT] Text (SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT)
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT_21715.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of FORM TELAAH DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI] Text (FORM TELAAH DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
Formulir Telaah dan Persetujuan Publikasi Artikel_21715.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Malabar Mountain Coffee. 2) Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Malabar Mountain Coffee. 3) Untuk mengetahui analisis strategi pemasaran yang tepat untuk Malabar Mountain Coffee. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya jumlah konsumsi dan pertumbuhan perdagangan pada komoditas kopi atau coffeeshop. Dengan bertambahnya dan perkembangan Coffeeshop pada saat ini tentunya membuat persaingan dan ancaman bagi Malabar Mountain Coffee. Tantangan terus muncul untuk tetap menarik pelanggan, meningkatkan penjualan dan bersaing di pasar yang dinamis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuanlitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan 37 responden costumer coffe. Analisis data dilakukan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan 1) Malabar Mountain Coffee menerapkan strategi seperti penyajian kopi berkualitas tinggi melalui metode seduh manual dan pelayanan personal. Strateginya mencakup penggunaan bahan baku petani lokal, variasi metode penyeduhan, penetapan harga berdasarkan proses pascapanen, serta pelayanan yang ramah. Perusahaan juga mengedepankan edukasi kopi dan menjaga kualitas untuk membangun loyalitas pelanggan.Kekuatan internal mencakup kualitas biji kopi, konsistensi rasa, pelayanan profesional, harga sesuai kualitas, dan staf yang memahami produk. Kelemahannya adalah lokasi sulit dijangkau, area parkir terbatas, variasi menu kurang, kebersihan belum maksimal, dan suasana kadang berisik. 2) Peluang eksternal meliputi meningkatnya minat pada kopi spesialti, ketertarikan pada asal-usul dan metode pengolahan kopi, serta tren minuman kekinian. Ancaman yang dihadapi mencakup persaingan tinggi, keunggulan pesaing, lokasi strategis pesaing, variasi menu lebih banyak, dan promos yang lebih menarik. 3) Meningkatkan promosi dan storytelling tentang asal-usul serta metode pengolahan kopi, menyesuaikan menu dengan tren,mengoptimalkan kualitas produk dan pelayanan,menjalin kerja sama dengan komunitas kopi dan event lokal untuk memperluas pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 21715; Publish di AGRIFITIA
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Pemasaran Coffeshop ; Coffeshop
Subjects: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Divisions: INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Muhammad Nur Zarkarsy
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:10
Last Modified: 30 Jul 2025 02:10
URI: https://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/3592

Actions (login required)

View Item
View Item