ZARKARSY, MUHAMMAD NUR (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN COFFEESHOP MALABAR MOUNTAIN COFFEE. Skripsi thesis, Instiper Pertanian Stiper Yogyakarta.
![FULLTEXT [thumbnail of FULLTEXT]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FULLTEXT_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![COVER-ABSTRAK [thumbnail of COVER-ABSTRAK]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER SAMPAI INTISARI_21715.pdf
Download (664kB)
![LEMBAR PENGESAHAN [thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN_21715.pdf
Download (439kB)
![BAB I [thumbnail of BAB I]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1_21715.pdf
Download (262kB)
![BAB II [thumbnail of BAB II]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (297kB)
![BAB III [thumbnail of BAB III]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
![BAB IV [thumbnail of BAB IV]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
![BAB V [thumbnail of BAB V]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (370kB)
![BAB VI [thumbnail of BAB VI]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 6_21715.pdf
Download (255kB)
![DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_21715.pdf
Download (982kB)
![HASIL CEK TURNITIN [thumbnail of HASIL CEK TURNITIN]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Turnitin_21715.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT [thumbnail of SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT_21715.pdf
Download (391kB)
![FORM TELAAH DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI [thumbnail of FORM TELAAH DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI]](https://eprints.instiperjogja.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Formulir Telaah dan Persetujuan Publikasi Artikel_21715.pdf
Download (557kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Malabar Mountain Coffee. 2) Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Malabar Mountain Coffee. 3) Untuk mengetahui analisis strategi pemasaran yang tepat untuk Malabar Mountain Coffee. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya jumlah konsumsi dan pertumbuhan perdagangan pada komoditas kopi atau coffeeshop. Dengan bertambahnya dan perkembangan Coffeeshop pada saat ini tentunya membuat persaingan dan ancaman bagi Malabar Mountain Coffee. Tantangan terus muncul untuk tetap menarik pelanggan, meningkatkan penjualan dan bersaing di pasar yang dinamis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuanlitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan 37 responden costumer coffe. Analisis data dilakukan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan 1) Malabar Mountain Coffee menerapkan strategi seperti penyajian kopi berkualitas tinggi melalui metode seduh manual dan pelayanan personal. Strateginya mencakup penggunaan bahan baku petani lokal, variasi metode penyeduhan, penetapan harga berdasarkan proses pascapanen, serta pelayanan yang ramah. Perusahaan juga mengedepankan edukasi kopi dan menjaga kualitas untuk membangun loyalitas pelanggan.Kekuatan internal mencakup kualitas biji kopi, konsistensi rasa, pelayanan profesional, harga sesuai kualitas, dan staf yang memahami produk. Kelemahannya adalah lokasi sulit dijangkau, area parkir terbatas, variasi menu kurang, kebersihan belum maksimal, dan suasana kadang berisik. 2) Peluang eksternal meliputi meningkatnya minat pada kopi spesialti, ketertarikan pada asal-usul dan metode pengolahan kopi, serta tren minuman kekinian. Ancaman yang dihadapi mencakup persaingan tinggi, keunggulan pesaing, lokasi strategis pesaing, variasi menu lebih banyak, dan promos yang lebih menarik. 3) Meningkatkan promosi dan storytelling tentang asal-usul serta metode pengolahan kopi, menyesuaikan menu dengan tren,mengoptimalkan kualitas produk dan pelayanan,menjalin kerja sama dengan komunitas kopi dan event lokal untuk memperluas pasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 21715; Publish di AGRIFITIA |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Pemasaran Coffeshop ; Coffeshop |
Subjects: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Divisions: | INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Muhammad Nur Zarkarsy |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/3592 |