Mabrur, Muhammad Akhsin (2024) EVALUASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P KOMODITAS TEH DI DUSUN TRITIS KELURAHAN NGARGOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
Lembar Pengesahan_21850.pdf
Download (58kB)
BAB I_21850.pdf
Download (42kB)
BAB II_21850.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
BAB III_21850.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
BAB IV_21850.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
BAB V_21850.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (743kB)
BAB VI_21850.pdf
Download (32kB)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_21850.pdf
Download (141kB)
Turnitin_21850.pdf
Download (2MB)
Formulir Telaah dan Persetujuan Publikasi Artikel_21850.pdf
Download (376kB)
Pernyataan Original Karya_21850.pdf
Download (260kB)
SKRIPSI FULLTAXT_21850.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Cover-Abstrak_21850.pdf
Download (557kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bauran pemasaran dan untuk mengetahui strategi yang efektif pada pemasaran teh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan karakteristik responden petani teh mandiri di Dusun Tritis, Kelurahan Ngargosari. Metode penentuan sampel purposive sampling digunakan dengan total 30 responden. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil menunjukkan mayoritas responden adalah laki-laki dengan usia 41-50 tahun, pendidikan SMA, dan rata-rata pengalaman bertani 30 tahun. Evaluasi strategi bauran pemasaran teh mengidentifikasi kekuatan dalam produk dan potensi promosi wisata. Proses produksi teh mencakup tahap pemetikan, penjemuran, penggulungan, fermentasi, pengeringan, dan penyangraian. Faktor strategi internal meliputi kekuatan seperti keberadaan Ngargosari sebagai tempat wisata. Sementara kelemahan termasuk kualitas kemasan produk dan saluran pemasaran yang belum efektif. Analisis SWOT menunjukkan posisi strategis pemasaran teh di Strategi Agresif, memungkinkan penggunaan strategi pertumbuhan berorientasi. Rekomendasi strategi berfokus pada pemanfaatan peluang untuk meningkatkan penjualan teh dengan memperbaiki kualitas kemasan produk, memperluas saluran pemasaran, dan memanfaatkan promosi melalui media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 21850, dipublikasikan pada jurnal mahasiswa INSTIPER (JOM) |
Uncontrolled Keywords: | Petani Teh, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT |
Subjects: | Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis |
Depositing User: | Muhammad Akhsin Mabrur |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 05:11 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/445 |