Aprianto, Salvinus (2025) PERAN E-COMMERCE TERHADAP UMKM BERBASIS KOMODITAS SALAK DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH YOGYAKATA. Skripsi thesis, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.

Text (LEMBAR PENGESAHAN)
HALAMAN PENGESAHAN-21485.pdf

Download (1MB)
Text (BAB I)
BAB I -21485.pdf

Download (278kB)
Text (BAB II)
BAB II - 21485.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
Text (BAB III)
BAB III - 21485.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
Text (BAB IV)
BAB IV - 21485.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
Text (BAB V)
BAB V - 21485.pdf

Download (235kB)
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - 21485.pdf

Download (688kB)
Text (FROM TELAAH DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
TELAAH-21485.pdf

Download (786kB)
Text (HASIL CEK TURNITIN SKRIPSI)
Turnitin- 21485.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Text (SURAT PERNYATAN TIDAK PLAGIAT)
PERNYATAAN ORIGALITAS KARYA.pdf

Download (1MB)
Text (HASIL CEK TURNITIN JURNAL)
jurnal_21485_Setelah semhas (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT- 21485..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER - ABSTRAK -21485..pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce terhadap UMKM berbasis komoditas salak di Kabupaten Sleman, khususnya di Kecamatan Turi dan Pakem. Latar belakang penelitian didasarkan pada semakin pesatnya perkembangan teknologi digital yang membuka peluang bagi UMKM dalam memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 10 UMKM pengolahan salak yang aktif menggunakan e-commerce. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta kuesioner dengan skala Likert, kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-commerce memberikan dampak positif terhadap beberapa aspek, yaitu jangkauan pasar, peningkatan penjualan, efektivitas media promosi, serta inovasi produk dan layanan. Selain itu, e-commerce juga terbukti beeperan pada peningkatan pendapatan UMKM. Dengan demikian, e-commerce berperan penting dalam memperkuat daya saing UMKM berbasis salak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 21485; submit di agrifitia
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Digital Marketing, E-commerce, UMKM, Salak
Subjects: Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Divisions: INSTIPER > Fakultas Pertanian > Program Studi Agribisnis
Depositing User: Salvinus Aprianto
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:25
Last Modified: 26 Sep 2025 03:25
URI: https://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/3875

Actions (login required)

View Item
View Item